10 Utilitas Pelengkap Laptop

Sudah cukupkah Anda dengan aplikasi yang tersedia di laptop atau notebook Anda sekarang? Semuanya sudah mendukung segala aktivitas kerja Anda dengan sehingga segala urusan menjadi ringkas dan mudah dilakukan? Jika sudah, artinya Anda mengetahui apa saja yang dibutuhkan agar pekerjaan lebih dan laptop menyesuaikan kebiasaan aktivitas berkomputer Anda.

Jika belum, ada baiknya Anda mendata apa saja yang dibutuhkan ketika berkomputer dan apa saja yang Anda lakukan dengan laptop, mulai dari urusan pekerjaan hingga soal keamanan. Misalnya Anda sering bekerja di ruang hotspot publik dan terkadang harus meninggalkan laptop untuk sebuah keperluan sebentar, maka sekuriti harus tersedia agar laptop tetap aman.

Begitu pun juga untuk keperluan backup data secara online atau sekadar pendukung fasilitas berinternet dan berkomunikasi via laptop. Aplikasi yang tepat tentu akan membuat Anda lebih nyaman ketika menggunakan perangkat tersebut, untuk keperluan apapun.

Jika bingung apa saja yang harusnya ada di sebuah laptop yang nyaman, baca terus artikel ini. Kami memilihkannya untuk Anda, terutama untuk Anda yang tak pernah lepas dari laptop untuk melakukan segala urusannya dan bekerja secara mobile.

Aplikasi-aplikasi terpilih ini seluruhnya gratis. Namun daya dan fungsinya sudah mumpuni untuk meningkatkan kenyaman dan dayaguna laptop Anda


1.TouchFreeze
Terkadang touchpad dan keyboard tidak kompak dan membuat pengguna kerepotan. Begini contohnya. Ketika Anda mengetik dan tak sengaja salah satu jari mengusap touctpad, maka pointer pun berpindah posisi. Ketika itu pula ketikan Anda menjadi berantakan karena posisi teks yang diketik jadi berpindah-pindah.

Touchfreeze dapat membuat touctpad otomatis dalam kondisi non aktif sesaat setelah Anda mulai mengetik. Utilities simpel untuk Windows NT/2000/XP ini membuat proses mengetik nyaman. Pengaktifannya cukup lewat ikon di system tray. Ikon di system tray ini dapat digunakan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan aplikasi mungil ini. Tak banyak pengaturan selain itu karena aplikasi ini sudah langsung otomatis aktif 

2.A.L.A.R.M. - A Laptop A/C Removal Monitor 
Sering menggunakan laptop di tempat umum seperti hotspot? Pasangi perangkat Anda dengan aplikasi ini agar lebih aman. Jika ada seseorang yang berusaha mengambil laptop dan mencabut kabel power-nya, maka A.L.A.R.M akan membunyikan suara alarm yang nyaring dari speaker laptop. Ini artinya para sekuriti di sekitar lokasi dan juga Anda dapat langsung bertindak mengamankan.
Suara alarm tersebut akan berhenti jika kabel power dicolokkan kembali atau Anda login kembali ke sistem. Suara alarm dalam bentuk sirene sudah langsung tersedia di aplikasi ini. Aplikasi Open Source untuk Windows XP ke atas ini mendukung multibahasa. Penggunannya pun cukup gampang karena semua serba diset otomatis dan Anda tak perlu banyak mengeset aplikasi ini. Aplikasi ini juga dapat di-upgrade untuk memonitor koneksi kabel lainnya sebagai pemicu alarm seperti kabel jaringan dan USB.

3.LAlarm Free Laptop Alarm
Yang satu ini juga untuk urusan sekuriti laptop di tempat umum. Jika ada pencuri yang hendak mengambilnya alarm akan berbunyi. Alarm juga berbunyi jika laptop mengetahui si empunya laptop meninggalkan laptop tanpa pengaman. Bagusnya lagi aplikasi ini menyediakan fasilitas destruksi data jika laptop benar-benar tercuri atau hilang, yang secara otomatis menghapus data-data penting.

Fasilitas lain yang tersedia antara lain data recovery dari laptop yang tercuri hingga disk alarm yang akan memberitahu bahwa hard disk laptop bermasalah. Alarm untuk memperingatkan pengguna bahwa kesehatan laptop sedang bermasalah karena digunakan dalam jangka waktu lama pun ada. Bahkan ada fasilitas untuk mengirimkan peringatan melalui SMS dan e-mail jika perangkat berada dalam kondisi yang tidak aman.

4.Battery Care
Aplikasi pengontrol daya baterai laptop itu sih sudah biasa. Tapi aplikasi untuk memonitor daya tahan dan kesehatan baterai laptop, mungkin itu yang lebih Anda butuhkan. Aplikasi ini dapat memantau informasi baterai secara detail hingga ketahan baterai yang digunakan. Maklum, baterai pun pun durasi daya tahan, sehingga kalau terkontrol Anda dapat menentukan waktu kapan harus mengganti baterai.

Selain itu aplikasi ini juga dilengkapi dengan pemantau temperatur prosesor dan hard disk. Fasilitas ini memberi peringatan jika suatu waktu ada kondisi suhu yang memungkinkan membuat jeroan laptop menjadi bermasalah. Fasilitas automatic power plans switching pun tersedia. FUngsinya untuk mengubah secara langsung input power laptop dengan menyesuaikan sumber tenaga yang Anda gunakan: kabel colokan atau baterai. Pada Vista, aplikasi ini akan mengeset fungsi Aero secara otomatis menyesuaikan kondisi baterai laptop. Ketika baterai minim Aero secara otomatis akan dimatikan.

5.Connectify
Laptop Anda bisa jadi hotspot jika diinstal aplikasi gratis yang satu ini. Ya, Connectify, sayangnya hanya kompatibel dengan Windows 7 dapat mengubah laptop menjadi hotspot Wi-Fi. Pastikan notebook terkoneksi dengan internet, dan koneksi internet tersebut dapat dibagikan ke perangkat Anda yang lain seperti PDA, ponsel, atau konsol game.

Perangkat yang dapat terkoneksi dapat diatur dan Anda tentukan. Apapun jenis koneksi internet yang Anda gunakan, baik menggunakan jaringan broadband biasa atau mobile broadband, aplikasi ini dapat digunakan. Cocok untuk penggunaan rumahan yang membutuhkan server hotspot suatu waktu saja atau tidak permanen. Ada fasilitas enkripsi sehingga tak sembarang orang bisa masuk dan menerobos koneksi. Aplikasi ini sangat simpel dan mudah dikelola sehingga siapapun dapat menggunakannya tanpa banyak pengesetan.

6.SDExplorer
Data di laptop anda harus senantiasa dicadangkan (back-up). Maklum, karena sifat portabilitasnya maka data dalam hard disk cenderung lebih rawan rusak ketimbang PC desktop. Salah satu aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk mencadangkan data secara online adalah SDExplorer. Aplikasi ini akan mencadangkan data laptop ke situs file backup Windows Live SkyDrive (http://skydrive.live.com), di mana Anda bisa mendaftarkan diri secara gratis dan memperoleh kapasitas backup 25GB cuma-Cuma.

Aplikasi ini akan mensinkronisasi data secara otomatis. Jika laptop lenyap, Anda tinggal mengunduh data tersebut dari akun di Windows Live SkyDrive dari PC mana saja. Penggunannya sangat mudah karena aplikasi ini akan menyatu ke dalam Windows Explorer. Layanan SkyDrive akan menjadi salah satu folder atau direktori di Windows Explorer. Ketika ingin mencadangkan file secara manual maka Anda tinggal drag-and-drop file tersebut ke direktori tersebut. Gampang dan cepat, namun pastikan laptop terkoneksi ke internet.

7.WeFi
Umumnya laptop sudah dilengkapi dengan Wi-Fi dan aplikasi pencari hotspot Wi-Fi. Namun dengan WeFi urusan berkoneksi dengan hotspot akan jauh lebih judah. Aplikasi ini mampu mencari dan langsung mengoneksikan laptop Anda ke hotspot gratis yang ada di sekitar. Aplikasi ini memiliki komunitas yang akan men-share lokasi-lokasi hotspot gratis di seluruh dunia.

Serunya lagi lewat aplikasi bertampilan seperti Yahoo! Messenger ini Anda dapat chat dengan teman yang juga pengguna WeFi. Aplikasi ini membuat koneksi ke hotspot menjadi jauh lebih mudah karena database-nya cukup komplet. Kami sarankan Anda ikut komunitas WeFi untuk mendata hotspot di sekitar Anda karena database untuk hotspot gratis di Indonesia, khususnya Jakarta, masih minim dibandingkan negara lain. Dengan banyaknya database tersebut makaakan memudahkan pengguna WeFi lokal. Jangan khawatir, penggunaannya pun sangat mudah dan ringkas.

8.vanquest Connection Manager
Kemudahan laptop adalah kemudahan untuk masuk ke jaringan komputer mana saja. Manajemen untuk mengelola koneksi di laptop bisa dilakukan dengan mudah dengan Avanquest Connection Manager. Dengan ini, laptop bisa masuk ke koneksi kabel atau nirkabel secara efektif dan tanpa repot mengeset.
Jika masuk ke jaringan LAN di kantor misalnya, maka aplikasi akan langsungbisa mengeset laptop untuk menggunakan jaringan dan periferal yang terhubung ke LAN tersebut. Untuk nirkabel, ada fasilitas pencarian hotspot di sekitar Anda. Jika ditemukan maka Anda bisa langsung membuat koneksi ke hotspot tersebut secara cepat dan ringkas. Aplikasi ini akan memudahkan penggunannya untuk menyimpan data setiap jaringan yang pernah dikoneksikan sehingga suatu waktu ingin berkoneksi kembali Anda tak perlu mengeset setting jaringan kembali.

9.Magix PC Check & Tuning Free
Masalah tak bisa diperkirakan kapan datangnya. Jika suatu waktu laptop Anda bermasalah dan Anda ingin mengecek apa yang menyebabkannya bermasalah, gunakan Magix PC Check & Tuning Free. Aplikasi ini menyediakan fungsi testing, maintenance, dan acceleration untuk Windows XP, Vista, dan 7. Ia mampu menganalisa masalah sekaligus menyingkirkannya dari laptop Anda.

Aplikasi ini berjalan di belakang layar sehingga terus memonitor kondisi sistem. Jika suatu waktu sistem melambat, aplikasi ini langsung mendiagnosa. memperbaiki eror, dan mempercepat lagi kinerjanya. Fasilitas pengesetan ini gampang. Misalnya Anda ingin mempercepat sistem saat start-up maka Anda tinggal melakukan "Optimize" pada menu "Unnecessary system start entries located". Selanjutnya aplikasi akan membuang dan meminimalkan aplikasi yang tidak penting dan ikut aktif saat start-up. Membersihkan history internet pun ada.

10.CoolKeys
Software ini akan membantu Anda untuk mengakses files dan folder yang sering digunakan dengan cepat tanpa perlu menggunakan mouse. Anda dapat mengeset tombol cepat keyboard untuk mengakses files, folder, system action, sampai link internet. Software ini juga menyediakan plugin untuk browser Internet Explorer dan Firefox sehingga browsing dapat dilakukan tanpa banyak menggunakan mouse. , mulai dari mengubah tampilan folder, membuat fodler baru, restrart, shut down, mematikan monitor, hingga mengosongkan recycle bin. Jadi sangat membantu untuk Anda yang tak terbiasa mengelola touchpad laptop.

System action yang didukung pun cukup banyak, mulai dari mengubah tampilan folder, membuat folder baru, restart, shut down, mematikan monitor, hingga mengosongkan recycle bin. Fasilitas untuk mengatur tombol cepat untuk keperluan khusus dan yang biasa Anda gunakan. Aplikasi ini akan sangat membantu untuk Anda yang tak terbiasa mengelola touchpad laptop. Maklum tak banyak pengguna laptop yang suka menggunakan touchpad.

10 orang berpengaruh di web (2010)

Seperti internet populer hari ini sehingga adalah orang-orang yang berkaitan dengannya. Many Internet Enterpreures have got them listed in many top lists across the world, so here we are with the list of top ten Internet celebrities of 2010. Internet Enterpreures Banyak sudah mendapat mereka tercantum dalam daftar banyak atas seluruh dunia, jadi di sini kita dengan daftar sepuluh besar selebriti internet tahun 2010.
Mark Zuckerberg Mark Zuckerberg 
Pria berusia 26 tahun, paling dikenal pendiri situs jejaring sosial paling populer di dunia. Forbes magazine listed him as the youngest self made billionaire with a personal wealth of $4 billion. Majalah Forbes tercantum dia sebagai miliarder termuda yang dibuat sendiri dengan kekayaan pribadi sebesar $ 4 miliar. Microsoft corp. Microsoft corp. bought 1.6% stack in Facebook Inc. in 2007 which rocketed the market value of Facebook to a whooping $15 Billion. membeli 1,6% stack di Facebook Inc pada tahun 2007 yang meroket nilai pasar dapat sebuah $ rejan 15 Miliar. There is also a movie which has been made on life of Zuckerber, starring Justin timberlake and Jesse eisenberg , which is all set to release this year and the Movie is call The Social Network . Ada juga film yang telah dibuat pada kehidupan Zuckerber, dibintangi oleh Justin timberlake dan Jesse Eisenberg, yang siap untuk rilis tahun ini dan Movie adalah panggilan Jaringan Sosial .
Sergey Brin, Larry Page dan Eric Schmidt
Kekayaan gabungan dari ketiga adalah sekitar $ 40 Milyar dan menambah bahwa mereka bertanggung jawab untuk menjalankan dunia yang paling banyak dikunjungi mesin pencari Google. There is no doubt that Google is the most powerful invention of the web. Tidak ada keraguan bahwa Google adalah penemuan yang paling kuat dari web. Apart from being the search engine king they also own the biggest ad network in form on Adwords, Google also acquired the biggest video website Youtube in 2006 paying more then $1.5 Billion. Selain menjadi raja mesin pencari mereka juga memiliki jaringan terbesar dalam bentuk iklan di Adwords, Google juga mengakuisisi Youtube video website terbesar di tahun 2006 membayar lebih dari $ 1,5 Miliar. Since then Google has acquired many companies and they have also tried their hand on Facebook but failed to convince founder Mark Zuckerberg. Sejak itu Google telah mengakuisisi banyak perusahaan dan mereka juga mencoba tangan mereka di Facebook tetapi gagal untuk meyakinkan pendiri Mark Zuckerberg.
Michael Arrington
Pendiri Techcrunch, yang terpilih sebagai salah satu orang yang paling berpengaruh di dunia oleh majalah TIME. He also made an online payment company called Achex, which was later sold to First data corp. Dia juga membuat sebuah perusahaan pembayaran online yang disebut Achex, yang kemudian dijual kepada corp data Pertama. for $32 million. $ 32 juta. Techcrunch which started as a blog has now become a web publication for technology news. Techcrunch yang dimulai sebagai blog kini telah menjadi publikasi web untuk berita teknologi.
Steve Jobs
Co-founder dan chief executive Apple Inc Steve adalah orang dengan kepribadian agresif dan menuntut dan dengan alam seperti ini dia telah mampu membawa Apple ke tingkat berikutnya dan mengalahkan Microsoft untuk meraih posisi pertama sebagai perusahaan teknologi terbesar.
Matt Mullenweg
The developer of WordPress, world's most used open source blogging platform. Pengembang dari WordPress, platform open source yang paling banyak digunakan di dunia blogging. He is a young entrepreneur who is also involved in public speaking. Dia adalah seorang pengusaha muda yang juga terlibat dalam berbicara di depan umum. Thanks to his creation that blogging got a new dimension from just being a sub-domain of Blogspot.com etc. Today millions of blogs use wordpress as a blogging platform. Terima kasih kepada ciptaan-Nya bahwa blogging mendapat dimensi baru dari hanya menjadi sub-domain of Today Blogspot.com dll jutaan blog menggunakan wordpress sebagai platform blogging. Some of the most popular websites run on WordPress are Techcrunch, Huffingtonpost, Mashable and more. Beberapa situs Web yang paling populer berjalan di Wordpress Techcrunch, odeo, Mashable dan banyak lagi. 
Jimmy Wales
Jimmy Wales seorang pengusaha internet terkenal dan co-founder dan promotor dari Wikipedia. Born in a town named Huntsville, Alabama, Married twice with a daughter from her second wife. Lahir di sebuah kota bernama Huntsville, Alabama, Married dua kali dengan seorang putri dari istri keduanya. This person gave us a very unique website named Wikepedia the online encyclopedia. Orang ini memberi kami sebuah website yang sangat unik bernama Wikepedia ensiklopedia online. Which not only made him popular but also has made him enlisted in the list of few self made billionaires and successful people in recent years. Yang tidak hanya membuatnya populer tapi juga telah membuatnya terdaftar dalam daftar beberapa miliuner membuat diri dan orang-orang sukses dalam beberapa tahun terakhir.
Arianna Huffington
Nah ini Lady telah pasti mengumpulkan banyak kontroversi terhadap dirinya selama hidupnya dan sukses juga. A very Influential lady and the co-founder of the well known News Website The HuffingtonPost , who also bagged a no 12 position in Forbe's first premiere list of the most influential Women In media. Sebuah Berpengaruh wanita yang sangat dan co-pendiri Situs Berita dikenal Sumur odeo, yang juga kantong 12 tidak ada posisi dalam daftar premiere pertama Forbe dari Wanita yang paling berpengaruh di media. And now after her websites success on the www world she has now become one of the most influential person on World Wide Web. Dan sekarang setelah sukses website-nya di dunia www ia kini menjadi salah satu orang yang paling berpengaruh pada World Wide Web.
Craig Newmark
Alexander Craig Newmark yang memberikan seluruh dimensi baru ke internet Periklanan Dunia. His Well Known Creation Named Craiglist. Ciptaan-Nya Well Known Bernama Craiglist. A website that provides free online classified advertisement listing of products, services, jobs and discussion Forums around the world. Sebuah situs web yang menyediakan iklan gratis online diklasifikasikan daftar produk, layanan, pekerjaan dan Forum diskusi di seluruh dunia. Started in 1995 the site has made innumerable rounds in news this year with its gaining popularity. Now with over twenty billion page views per month the site has successfully made its place in the top 50 websites on the World Wide Web. Mulai tahun 1995 situs telah membuat putaran tak terhitung dalam berita tahun ini dengan popularitasnya mendapatkan Sekarang dengan lebih dari dua puluh miliar page view per bulan situs tersebut telah berhasil membuat tempatnya di atas 50 situs di World Wide Web.. Making Craig a well known Internet Celebrity. Membuat Craig Internet terkenal Selebriti.
Evan Williams
Orang-orang mungkin mengenal Dia sebagai CEO twitter tapi saya pasti akan memanggilnya ayah dari blogging. Evan has really contributed a lot to the Internet world and he gave the word blogger to the World Wide Web for the first time. Evan benar-benar telah banyak memberikan kontribusi kepada dunia internet dan dia memberikan kata blogger ke World Wide Web untuk pertama kalinya. A Born American, he has marked his presence on Internet since many years with some of his outstanding works like Pyra Labs (creator of Weblog and Blogger Software). Seorang Amerika Lahir, ia telah menandai kehadirannya di Internet sejak bertahun-tahun dengan beberapa karya yang luar biasa seperti Pyra Labs (pencipta dan Blogger Weblog Perangkat Lunak). With his unique contributions and inventions he has made to the top of many Influential People lists around the globe in recent years. Dengan kontribusi yang unik dan penemuan dia telah membuat ke puncak banyak daftar Orang Berpengaruh di seluruh dunia dalam beberapa tahun terakhir.
Steve Ballmer
Salah satu orang terkaya di dunia dengan kekayaan diperkirakan sekitar $ 15 milyar dan CEO Dari Microsoft Corporation sejak tahun 2000. He is the one who is responsible for all the Microsoft's activities around the globe making him the top most Influential person on internet undoubtedly. Dia adalah orang yang bertanggung jawab atas semua kegiatan Microsoft di seluruh dunia membuat dia orang yang paling atas Berpengaruh di internet diragukan lagi. Popular for his extraordinary different Behavior and achievements, he has definitely overpowered Bill gates in the recent years. Populer untuk Perilaku luar biasa yang berbeda dan prestasi, dia pasti dikuasai gerbang Bill pada beberapa tahun terakhir. Media has also tagged him as the man who rules Microsoft in the year 1992, thus making him the most and highly influential person on internet till now and the richest too. Media juga tag dia sebagai orang yang aturan Microsoft pada tahun 1992, sehingga membuat dia orang yang paling dan sangat berpengaruh di internet sampai sekarang dan terkaya juga.

Manajemen sumber daya manusia

Manajemen sumber daya manusia, disingkat MSDM, adalah suatu ilmu atau cara bagaimana mengatur sumber daya yang dimiliki oleh individu dapat digunakan secara maksimal sehingga tujuan (goal) menjadi maksimal.
Konsep yang mendasarinya bahwa setiap karyawan adalah manusia, bukan mesin, dan bukan semata menjadi sumber daya bisnis. Kajian tentang Manajemen SDM menggabungkan beberapa bidang ilmu seperti psikologi, sosiologi, dll.
MSDM juga menyangkut desain dan implementasi sistem perencanaan, penyusunan karyawan, pengembangan karyawan, pengelolaan karier, evaluasi kinerja, kompensasi karyawan dan hubungan ketenagakerjaan yang baik.
Manajemen sumber daya manusia melibatkan semua keputusan dan praktek manajemen yang mempengaruhi secara langsung sumber daya manusianya
MSDM diperlukan untuk meningkatkan efektivitas sumber daya manusiadalam organisasi. Tujuannya adalah memberikan kepada organisasi satuan kerja yang efektif.
Untuk mencapai tujuan ini, studi tentang manajemen personalia akan menunjukkan bagaimana seharusnya perusahaan mendapatkan, mengembangkan, menggunakan, mengevaluasi, dan memeliharakaryawan dalam jumlah (kuantitas) dan tipe (kualitas) yang tepat.
MSDM membicarakan potensi besar tenaga kerja manusia yang merupakan motor penggerak faktor-faktor penunjang kegiatan manajemen SDM faktor-faktor penunjang kegiatan manajemen yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin melalui sinergi dengan lingkungan.
Tidak bisa dipungkiri, perubahan teknologi yang sangat cepat, memaksa organisasi untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan usahanya.
Perubahan tersebut telah menggeser fungsi-fungsi MSDM yang selama ini hanya dianggap sebagai kegiatan administrasi, yang berkaitan dengan perekrutan pegawai staffing, coordinating yang dilakukan oleh bagian personalia saja.
Saat ini MSDM berubah dan fungsi spesialisasi yang berdiri sendiri menjadi fungsi yang terintegrasi dengan seluruh fungsi lainnya di dalamorganisasi, untuk bersama-sama mencapai sasaran yang sudah ditetapkan serta memiliki fungsi perencanaan yang sangat strategik dalam organisasi, dengan kata lain fungsi SDM lama menjadi lebih bersifat strategik.
Fungsi operasional dalam Manajemen SDM merupakan dasar pelaksanaan proses MSDM yang efisien dan efektif dalam pencapaian tujuan organisasi/perusahaan. Fungsi operasional tersebut terbagi  lima, secara singkat sebagai berikut:
  • Fungsi Pengadaan, yaitu proses penarikan, seleksi, penempatan, orientasi, dan induksi untuk mendapatkan karyawan yang sesuai kebutuhan perusahaan
  • Fungsi Pengembangan, yaitu proses peningkatan keterampilanteknis, teoritis, konseptual, dan moral karyawan melalui pendidikan dan pelatihan.
  • Fungsi Kompensasi, yaitu pemberian balas jasa langsung dan tidak langsung berbentuk uang atau barang kepada karyawan sebagai imbal jasa yang diberikannya kepada perusahaan.
  • Fungsi Pengintegrasian, yaitu kegiatan untuk mempersatukan kepentingan perusahaan dan kebutuhan karyawan, sehingga tercipta kerjasama yang serasi dan saling menguntungkan.
  • Fungsi Pemeliharaan, yaitu kegiatan untuk memelihara atau meningkatkan kondisi fisik, mental dan loyalitas karyawan agar tercipta hubungan jangka panjang. Pemeliharaan yang baik dilakukan dengan program Keselamatan dan Kesehatan Kerja.
MSDM mempunyai kewajiban untuk memahami perubahan yang semakin komplek yang selalu terjadi di lingkungan bisnis. Ia juga harus mengantisipasi perubahan teknologi, dan memahami dimensi internasional yang mulai memasuki bisnis, akibat informasi yang berkembang cepat.
Perubahan paradigma dari MSDM tersebut telah memberikan fokus yang berbeda dalam melaksanakan fungsinya didalam organisasi. Ada kecenderungan untuk mengakui pentingnya SDM dalam organisasi dan pemusatan perhatian pada kontribusi fungsi SDM bagi keberhasilan pencapaian tujuan strategi perusahaan.
Hal ini dapat dilakukan perusahaan dengan mengintegrasikan pembuatan keputusan strateginya dengan fungsi-fungsi SDM. Dengan demikian, maka akan semakin besar kesempatan untuk memperoleh keberhasilan.

MANAJEMEN PEMASARAN


Semua organisasi, baik berorientasi profit maupun not-for-profit, harus bekerja keras
untuk memenuhi kebutuhan konsumen bila ingin tetap dapat beroperasi dan sukses.
Kemampuan organisasi dalam menentukan siapa yang menjadi konsumen dari
produk/jasa yang dihasilkan merupakan salah satu kunci keberhasilan organisasi.
Berikutnya barulah organisasi dapat memfokuskan diri untuk mengidentifikasi
kebutuhan konsumen, cara-cara memenuhi kebutuhan itu dan akhirnya mengusahakan
konsumen untuk tetap mengkonsumsi produk/jasa yang ditawarkan perusahaan. Di
samping itu, organisasi harus memiliki kemampuan pula untuk menyampaikan
informasi kepada konsumen bahwa mereka telah menghasilkan sesuatu yang dapat
memenuhi kebutuhan mereka. Di sinilah fungsi pemasaran (marketing) menonjol. Ia
menjadi (hub) penghubung antara organisasi dan konsumen. Lebih jauh lagi, fungsi
ini dapat diberdayakan untuk mendukung suatu gagasan dan mendidik konsumen
(Boone&Kurzt, 234).
The American Marketing Association mendefinisikan Marketing (management)
sebagai “the process of planning and executing the conception, pricing, promotion,
and distribution of ideas, goods, and services to create exchanges that satisfy
individual and organizational objectives. Proses perencanaan dan pelaksanaan
konsepsi, penetapan harga, promosi, dan pendistribusian gagasan, barang dan jasa
untuk menciptakan pertukaran yang mampu memenuhi tujuan individu dan organisasi.
Pertukaran dalam konteks ini dimaksudkan sebagai sebuah proses dimana dua atau
lebih pihak saling mempertukarkan sesuatu yang memiliki nilai sehingga pada
akhirnya mereka merasa lebih baik setelah melakukan proses ini. Philip Kotler sendiri
mendefiniskan marketing management sebagai “the art and science of choosing
target markets and getting, keeping, and growing customers through creating,
delivering, and communicating superior customer values”. (Seni dan ilmu di dalam
memilih pasar sasaran dan mendapatkan, memelihara dan mengembangkan para
pelanggan melalui proses penciptaan, penyampaian dan pengkomunikasian nilai
pelanggan yang lebih baik.
Konsep-konsep Pemasaran
Pemasaran dapat lebih mudah dipahami dengan mengerti beberapa elemen inti dari
pemasaran. Secara konseptual, pemasaran merupakan sebuah falsafah bisnis yang
menyadari pentingnya keterlibatan seluruh elemen organisasi dalam proses
pemenuhan kebutuhan.dan keinginan konsumen sekaligus memenuhi tujuan-tujuan
organisasi.
Langkah-langkah yang diperlukan untuk mengaplikasikan konsepsi pemasaran:
1. Menggali informasi mengenai pasar, potensial maupun aktual. Sudah
tersediakah barang/jasa yang mampu memuaskan kebutuhan dan keinginan
pasar? Bagaimana perusahaan dapat meningkatkan kemampuan produknya
untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen?
2. Merancang dan mengembangkan program pemasaran
a. menyediakan produk yang mampu memuaskan kebutuhan dan
keinginan konsumen
b. menetapkan harga produk yang dapat diterima oleh pasar
c. mengkomunikasikan produk kepada konsumen untuk memposisikan
produk di pikiran konsumen
d. memberikan jaminan bahwa konsumen dapat memperoleh produk di
saat yang tepat dan di tempat yang tepat pula.
3. Mengevaluasi melalui proses penggalian informasi mengenai erektivitas
program-program pemasaran perusahaan.
Aktivitas-aktivitas pemasaran seharusnya dilaksanakan dengan mempertimbangkan
efisiensi, efektivitas, dan tanggung jawab sosial pemasaran. Di dalam khasanah
pemasaran terdapat lima konsep yang mendasari aktivitas pemasaran perusahaan:
konsep produksi, konsep produk, konsep penjualan, konsep pemasaran, dan konsep
pemasaran sosial.
Konsep Produksi:
Konsep produksi meyakini bahwa konsumen akan lebih menyukai produk-produk
yang tersedia di mana-mana dan dengan harga murah. (The production concept holds
that consumers will prefer products that are widely available and inexpensive.)
Konsep Produk
Konsep produk meyakini bahwa konsumen akan lebih menyukai produk-produk yang
menawarkan kualitas yang baik, kinerja, atau fitur-fitur yang inovatif. (The product
concept holds that consumers will favor those products that offer the most quality,
performance, or innovative features.)
Konsep Penjualan
Konsep penjualan meyakini bahwa bila konsumen dan pelaku bisnis dibiarkan saja,
maka mereka tidak akan membeli dalam jumlah yang memadai produk-produk
perusahaan. Perusahaan haruslah melakukan usaha penjualan dan promosi yang
agresif. (The selling concept holds that consumers and businesses, if left alone, will
ordinarily not buy enough of the organization’s products. The organization must,
therefore, undertake an aggressive selling and promotion effort.)
Konsep Pemasaran
Konsep pemasaran meyakini bahwa kunci untuk mencapai tujuan perusahaan
mencakup usaha perusahaan untuk menjadi lebih efektif daripada para pesaingnya
dalam hal menciptakan, menyampaikan, dan mengkomunikasikan kepada pasar
sasaran yang ditetapkan nilai manfaat bagi konsumen (The marketing concept holds
that the key to achieving its organizational goals consists of the company being more
effective than competitors in creating, delivering, and communicating customer value
to its chosen target markets.)
Konsep Pemasaran Sosial
Konsep pemasaran sosial meyakini bahwa tugas perusahaan adalah menetapkan
kebutuhan, keinginan, dan kepentingan pasar sasaran dan memberikan kepuasan yang
diinginkan secara lebih efektif dan efisien daripada para pesaing dengan cara-cara
yang menjaga atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat. (The
social Marketing concept holds that the organization’s task is to determine the needs,
wants, and interests of target markets and to deliver the desired satisfactions more
effectively and efficiently than competitors in a way that preserves or enhances the
consumer’s and the society’s well-being.)
PRODUCTS
NEEDS
&
WANTS
VALUES,
SATISFACTION
EXCHANGE
MARKET
MARKETING
CORE CONCEPTS
ELEMEN INTI PEMASARAN
1. Pasar
Banyak cara orang mendefinisikan konsep pasar. Pasar di sini dimaksudkan
sebagai sekelompok individu/organisasi yang memiliki kebutuhan dan
keinginan yang ingin dipuaskan dengan disertai daya beli serta memiliki
kemauan untuk membelanjakan daya beli itu. Konsekuensi dari definisi itu,
kita dapat menggolongkan pasar ke dalam dua kategori, pasar konsumen dan
pasar industri. Pasar konsumen merujuk pada individu-individu yang membeli
produk perusahaan untuk dikonsumsi sendiri. Sementara pasar industri,
organisasi membeli suatu produk untuk dijual kembali atau digunakan di
dalam proses operasi yang nantinya juga akan dijual kepada konsumen.
Dalam usahanya menawarkan produk kepada pasar, perusahaan harus
menyadari bahwa tidaklah mungkin semua orang akan menyukai satu produk
tertentu. Tidak semua orang sama-sama menyukai softdrink, kamar hotel,
restoran, mobil, universitas dan lain sebagainya. Ketidak samaan ini muncul
dari berbagai alasan, yaitu perbedaan lingkungan geografis (seperti wilayah
negara, provinsi, kabupaten atau perkotaan dan pedesaan, demografi (seperti
jenis kelamin, usia, tingkat penghasilan, ukuran keluarga dan tingkat
pendidikan), psikografi (seperti gaya hidup, kepribadian dan nilai), dan
perilakunya (seperti kesempatan khusus, manfaat khusus, status pemakai, dan
tngkat pemakaian). Perbedaan-perbedaan ini perlu penanganan yang spesifik
bila perusahaan ingin berhasil. Konsep penanganan ini membawa kita pada
istilah Market Segmentation (segmentasi pasar). Segmen pasar adalah suatu
kumpulan besar dari pasar yang memiliki kesamaan keinginan, daya beli,
lokasi geografis, sikap pembelian, atau kebiasaan membeli.
Segmen manfaat Demografi Perilaku Psikografi Merk pilihan
Ekonomis (murah) Pria Pengguna
berat
Otonomi tinggi,
orientasi nilai
Merek-merek
dalam promosi
penjualan
Medicinal
(perlindungan
kerusakan)
Keluarga
besar
Pengguna
berat
Hypochondriac,
konservatif
Crest
Kosmetik (gigi
cemerlang)
Remaja Perokok Rasa sosial tinggi,
aktif
Maclean’s,
Ultra Brite
Rasa (Rasa enak) Anak-anak Orang suka
pepermint
Keterlibatan diri
tinggi, hedonistik
Colgate, Aim
Haruslah diingat oleh para pemasar bahwa tidak semua segmentasi di atas
dapat diterapkan begitu saja dalam proses pemasaran. Pemasar sebaiknya
mempertimbangkan hal-hal ini agar segmentasinya bermanfaat.
a. dapat diukur (measurable): jumlahnya, daya beli
b. cukup besar jumlahnya sehingga dapat menguntungkan (substantial)
c. dapat diakses dan dilayani (accessible)
d. dapat dibedakan (differentiable)
e. dapat diaplikasikan (actionable), program yang efektif dapat disusun untuk
menarik dan melayani segmen itu.
Dalam realitas pemasaran, para pemasar seringkali menemukan bahwa pasarnya
sangatlah beragam setelah dilakukan segmentasi. Untuk memilih segmen mana yang
hendak dilayani, Kotler menyarankan ada lima pilihan, yaitu
(1) konsentrasi pada satu segmen (single segment concentration),
(2) Spesialisasi selektif (Selective specialization),
(3) Spesialisasi produk (product specialization),
(4) Spesialisasi pasar (Market specialization), dan
(5) Peliputan seluruh pasar (full market coverage).
2. PERILAKU PASAR
Perilaku pasar mencerminkan perilaku individu-individu yang ada di dalam suatu
kelompok tertentu. Pola perilaku individu dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti faktor
personal (usia dan tahapan hidup, kedudukan/jabatan, gaya hidup, kepribadian dan
konsep diri), faktor psikologis (motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan dan
sikap). Kedua faktor di atas akan menentukan perilaku individu-individu di dalam
mengambil keputusan pembelian. Perilaku pembelian (buying behavior): keputusan
dan tindakan orang-orang yang terlibat dalam pembelian dan penggunaan suatu
produk.
Ada lima peran yang terlibat di dalam proses pembuatan keputusan pembelian.
a. Initiator: seseorang yang menyarankan/memunculkan ide untuk membeli
sesuatu produk/jasa
b. Influencer: seseorang yang cara pandang dan gagasannya mempengaruhi
keputusan pembelian
c. Decider: seseorang yang memutuskan komponen dari keputusan
pembelian; membeli atau tidak, apa yang mau dibeli, bagaimana
membelinya, atau dimana akan dibeli.
d. Buyer: seseorang yang secara aktual melakukan pembelian
e. User: seseorang yang mengkonsumsi atau menggunakan produk/jasa
Perilaku pembelian pasar konsumen (consumer buying behavior): keputusan dan
tindakan orang-orang yang ditujukan untuk membeli suatu produk untuk digunakan
sendiri.
Perilaku pembelian pasar konsumen melalui beberapa tahap keputusan pembelian.
Tahap-tahap keputusan pembelian itu dipengaruhi oleh beberapa faktor. Kedua hal itu
dapat ditunjukkan dalam gambar di bawah ini.
(gambar)
Mengembangkan strategi pemasaran
Strategi pemasaran (marketing strategy) adalah sebuah rencana yang memungkinkan
perusahaan mengoptimalkan penggunaan sumber dayanya untuk mencapati tujuan
pemasaran dan perusahaan.
Isu strategi pemasaran adalah:
1. Seleksi dan Evaluasi Pasar Sasaran
Pasar sasaran adalah kelompok orang yang dijadikan sasaran dari semua usaha
pemasaran perusahaan. Dalam penentuan pasar sasaran perusahaan perlu
mempertimbangkan pengaruh pasar sasaran terhadap tingkat penjualan
perusahaan, biaya dan laba.
2. Merancang dan menyusun Bauran Pemasaran (Marketing Mix)
Marketing mix adalah sekumpulan alat pemasaran yang digunakan perusahaan
untuk mencapai tujuan pemasaran pada pasar sasaran. E.Jerome McCarthy
menamai alat-alat pemasaran itu “the four Ps of Marketing”. 4P yang
dimaksudkan adalah Product (Produk), Price (Harga), Promotion (promosi),
dan Place (Tempat).
Bauran Pemasaran (Marketing Mix)
Isu mengenai bauran pemasaran merupakan isu penting yang umumnya mendapatkan
porsi yang cukup besar di dalam pembahasan mengenai fungsi pemasaran perusahaan.
Guna memahami konsepsi mengenai bauran pemasaran, Bonne and Kurtz
mengatakan: “a blending of the four strategy elements of marketing decision making
– product, price, distribution, and promotion- to satisfy chosen consumer segments”.
Mereka lebih memberikan penekanan pada kombinasi di antara elemen-elemen
produk, harga, distribusi, dan promosi untuk memuaskan segmen pasar yang telah
dipilih. Philip Kotler membuat definisi yang lebih luas dengan penekanan bukan pada
kombinasi, melainkan pada penyebutannya sebagai alat, “is the set of marketing tools
that the firm uses to pursue its marketing objectives in the target market”. Konsepsi
yang akan digunakan di dalam teks ini adalah seperangkat alat marketing yang terdiri
dari kombinasi strategi produk, penetapan harga, saluran distribusi dan promosi yang
digunakan perusahaan untuk memuaskan target pasar yang telah ditentukan.
Strategi Produk
Produk yang dihasilkan oleh perusahaan dapat berupa barang ataupun jasa. Ketika
perusahaan menawarkan produknya kepada masyarakat, perusahaan harus memiliki
keyakinan bahwa produk yang akan diluncurkan itu memang dirancang untuk dapat
memuaskan keinginan konsumen. Oleh karena itu, proses merancang sebuah produk,
bukan sekedar menyangkut penentuan manfaat apa yang akan dipenuhi, melainkan
juga menyangkut keputusan disain produk, nama merek, merek dagang, jaminan, citra
produk dan layanan konsumen.
Klasifikasi Produk
Produk dapat diklasifikasi berdasarkan pembeli dan tujuannya. Secara luas produk
diklasifikasikan sebagai produk konsumen dan produk industri. Yang pertama adalah
produk yang dibeli dengan tujuan untuk dikonsumsi sendiri, sementara yang terakhir
membeli produk untuk dijual kembali atau digunakan di dalam proses produksi
perusahaan.
Produk Konsumen
1. Convenience Product: item produk yang seringkali dibeli oleh konsumen
secara langsung dan hanya memerlukan sedikit usaha. Misalnya, surat kabar,
permen, permen karet, kue-kue, rokok, dan lain sebagainya
2. Shopping Product: item produk yang dibeli oleh konsumen setelah ia
membandingkan produk yang sama di tempat-tempat lain. Misalnya, TV,
Komputer, Cell-phone, dan lain sebagainya.
3. Specialty product: item produk yang dibeli oleh konsumen setelah dia
melakukan usaha yang besar untuk menemukan dan mendapatkannya.
Konsumen rela melakukan usaha yang lebih keras untuk mendapatkan produk
ini. Misalnya, mebel antik, benda-benda pusaka, dan lain sebagainya.
4. Unsought Product: item produk yang seringkali tidak terpikirkan oleh
konsumen untuk membelinya, entah karena ketidak tahuan, atau karena
memang tidak ingin. Misalnya produk-produk asuransi, jasa bedah/operasi
rumah sakit.
Produk Industri
1. Capital item
2. expense item
3. Installation
4. Accessory equipment
5. component parts and materials
6. Raw materials
7. Supplies
PRICE (Harga)
Kebijakan Penetapan Harga

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN TRANSPORTASI UDARA


Penggunaan kemajuan teknologi sebagai tools perusahaan dalam bidang Sistem Informasi Manajemen di era digitalisasi saat ini merupakan tuntutan setiap perusahaan penerbangan untuk meningkatkan pelayanan baik preflight, inflight, maupun post flight services terhadap para penumpang dengan cara percepatan informasi sehingga dapat memudahkan dalam pelayanan terhadap calon penumpang dan dapat meminimize waktu respon terhadap layanan pelanggan.
Teknologi Informasi juga mampu melakukan efisiensi di berbagai bidang antara lain penghematan penggunaan kertas (paperless), tiket (ticketless), namun dapat menjangkau channel distribusi yang lebih luas, misalnya penggunaan teknologi e-commerce dan SMS booking atau WAP booking yang termasuk teknologi Mobile.
Pemanfaatan teknologi juga mampu minimize jumlah SDM karena banyak pekerjaan rutinitas dapat digantikan oleh system aplikasi di komputer. Oleh karena itu menjadi tantangan perubahan bagi manajemen perusahaan penerbangan yang selalu dituntut untuk memenuhi segala macam penghematan biaya perusahaan melalui inovasi teknologi informasi, dan perubahan ini sejalan akibat didorong oleh pesatnya perkembangan teknologi informasi dibidang airlines dewasa ini.
Pada umumnya dinamika dunia dari sisi transportasi udara di Indonesia ditandai oleh dua kecenderungan, yaitu ;
- Liberalisasi bisnis penerbangan, yaitu adanya kebijakan open sky pemerintah sehingga banyak bermunculan maskapai baru di Indonesia dan meningkatnya jumlah aliansi perusahaan lokal dgn maskapai asing untuk memperluas cakupan pelayanan bisnis penerbangan.
- Adanya kemajuan teknologi baik hardware dan software yang sangat cepat yang dapat mendukung pesatnya perkembangan bisnis airlines terutama untuk aplikasi SIM (Sistem Informasi Manajemen) Transportasi Udara.
Dengan adanya liberalisasi, otomatis terjadi persaingan yang sangat kompetitif antar maskapai sehingga maskapai dituntut untuk selalu melakukan langkah-langkah penghematan cost Pada perusahaan penerbangan. Salah satu cara penghematan cost adalah dengan pemanfaatan teknologi SIM. Dan teknologi sistem informasi merupakan komponen utama yang memberikan value added terhadap pelayanan jasa disamping cost reducing, walaupun memang di awal, pembangunan dan development infrastruktur SIM adalah investasi yang cukup mahal.
Di awal pengembangan SIM, perlu pengkajian yang dalam dalam memilih jenis hardware maupun software yang sesuai dengan karakteristik perusahaan sehingga tidak salah dalam pengembangan selanjutnya. SIM Transportasi Udara telah mengalami berbagai kecenderungan perubahan aplikasi untuk meninggkatkan efisiensi dan efektivitas dalam proses penjualan produk jasa.
Sistem Teknologi Informasi pada bisnis penerbangan, secara umum dibagi dalam dua system, yaitu ;
- Sistem Front Office, yang menyangkut dan bersentuhan langsung dengan pelanggan, contohnya Sistem reservasi, Check in System, Boarding system, Website online, Payment Online, E-ticketing system, SMS Booking, Global Distribution System, dll.
- Sistem Back Office, yang mendukung jalannya operasional perusahaan, misalnya software accounting, Human Resources Information system, ERP system, Kontrol maintenance Aircraft, Aircraft Schedule Software, Customer Database, Air Crew Monitoring System, dll.


Sistem di perusahaan maskapai sangat kompleks, system harus mampu mengintegrasikan system Front Office dan Sistem Back Office.
Pada beberapa perusahaan penerbangan system di Indonesia seperti Garuda dan Merpati menggunakan system ERP. Garuda pengembangan sistem informasi ERP dimulai sejak 1999 sejalan dengan pelaksanaan program rehabiltasi perusahaan yang bertujuan menyehatkan perusahaan dari lilitan utang yang besar dengan menerapkan Software Applications and Product in Data Processing (SAP) sedangkan pada tahun 2004, menyusul Merpati Airlines mulai mengimplementasikan software ERP yaitu software SAP yang merupakan software pengelolaan perusahaan yang lengkap dan terintegrasi terutama dibidang keuangan dan warehouse untuk mengontrol dan memonitor pergerakan spare part pesawat dan memonitor penjualan tiket di seluruh Kantor Cabang Penjualan.


System Front Office dan Sistem Back Office ini sifatnya terpadu, sehingga diperlukan interface system agar komunikasi antar system bias terkoneksi dan berhubungan membentuk jaringan informasi yang dapat menghasilkan data yang akurat dan cepat, sehingga memudahkan para analyst untuk membuat laporan yang akurat agar pemegang keputusan dapat membuat kebijakan strategi perusahaan yang tepat.

Template by : kendhin x-template.blogspot.com